Senin, 20 Januari 2014

Sany Bicara Pernikahan (?)


Well, sekarang gue mau coba bahas sesuatu yang mungkin beberapa saat ini lagi booming dibicarakan. About what? Yap its all about “Pernikahan”. Aneh gak sih kalo gue yang notabane-nya belum penah menikah sama sekali tapi berani-beraninya ngebahas tentang pernikahan. Toh gak ada larangannya kan? Go ahead!
Mungkin disini gue gak akan bahas tentang pengalaman setelah atau sebelum pernihakan yah, karna jujur gue belum ada pengelaman yang bisa dibagi mengenai hal itu. Jadi, yang bisa gue bahas disini adalah fenomena-fenomena yang terjadi di sekeliling lingkungan gue dan pastinya berkaitan dengan masalah pernikahan. Random gak apa-apa ya? Ok let’s start!
  •  Beberapa waktu yang lalu gue sempet baca artikel mengenai hmm gue sih ngebaca itu sebagai kritikan ya? Tapi gak tau deh kalo yang lain. Intinya dalam artikel itu dipaparkan bahwa untuk kalian yang baru saja menikah janganlah terlalu berlebihan dalam mengekspresikan sesuatu yang terjadi didalam “dapur” kalian, which is kayak menulis status tentang hal-hal kecil yang kalian lakukan untuk pasangan. Need example? Like this one “Lagi nyiapin sarapan buat suami tercinta nih.. semoga my hubby senang..” well bagi situ mungkin itu adalah sesuatu yang wajar untuk di share ke media sosial yang pastinya bisa di akses dan di lihat oleh jutaan pasang mata. But hellooow? Sesuatu yang menurutmu baik belum tentu baik juga kan di mata orang lain, kan? Kalo gue sih pas liat status itu mampir di home facebook gue atau lewat di timeline twitter gue rasanya tuhh yaaa? Ssshhh… like wanna take a deep deep deep deeep breath! Satu kata sih, Lebay! Pas gue nemuin artikel itu jadi yang ngerasa you’re not alone, Sun. Ternyata banyak juga yang ngerasain hal yang sama kayak yang gue rasain. HAHA. Kalo menurut gue sih, silahkan aja kalian pakai hak pribadi di tempat pribadi dan sesuaikanlah etika kalian jika sudah berada di ruang publik. Semua ada tempatnya mas, mbak jadi jangan di bulak-balik doong entar jatohnya malah dzolim.  
  •  Untuk kalian yang baru aja menempuh bahtera rumah tangga jangan pernah mau ngebuang-buang waktu dan tenaga untuk curiga kelabakan sama mantan-mantan yang dimilikin pasangan kalian. Banyak orang bilang cemburu itu tanda cinta? Tapi kalo camburu berlebihan yang ada cuma ngebuat situ gelap mata! Be a rasional ah, rasa terlalu khawatir tuh gak bagus mba, mas. Kenapa gak bagus? Just for your info aja nih, rasa khawatir yang berlebihan yang ada Cuma munculin pikiran-pikiran negatif, curigaan? Pasti! Takutan? Iya! Terus mulai deh stalker-in account facebook dan twitter mantannya pasangan situ? Nyindir-nyindir? Ehelooow? Dia sekarang udah jadi pasangan hidup kalian mba, mas. Nyadar gak sih? Dengan kalian bersifat kayak gitu yang ada malah memunculkan spekulasi bahwa situ gak percaya sama pasangan yg situ nikahin. Terus dengan fondasi apa rumah tangga kalian dibangun kalo bukan dengan saling memberikan kepercayaan? Hati-hati, jangan berlebihan sewajarnya aja. Allah aja gak suka sama yang berlebihan.
  •  Banyak orang tau kalo yang namanya pernikahan haruslah dipersiapkan dengan matang. Bukan Cuma fisik tapi ada yang lebih penting lagi, yaitu mental. Gue pernah nonton film dan salah satu dialognya itu mengatakan “yang namanya pernikahan itu ibarat gumpalan kotoran yang dilapisi cokelat, awalnya manis tapi pas lapisan coklat itu mulai menipis bahkan habis ya makanlah sisanya sampai habis”. Pas denger dialog itu terkaget-kagetlah gue, gak tau deh berasa ekstim aja pemilihan ibaratnya itu, tapi pas di pikir-pikir iya juga sih! Haha. Well, mungkin inilah yang dimaksud sebelum menikah haruslah siap secara fisik maupun mental. Karna pasti gak akan mudah membiasakan diri yang tadinya Cuma harus ngurusin diri sendiri eh sekarang ngurusin anak orang lain, tanggung jawab nemplok tepat di punggung. Naah karna adaptasi itulah yang kadang suka menimbulkan gesekan-gesekan kecil maupun dahsyat dalam prosesnya. Tapi inget, sebesar atau sekecil apapun gesekan itu haruslah tetap kalian jalanin. It’s just process that you have to passed bro, sist.
  •  Nah untuk point yang satu ini gue dapetin dari salah satu guru gue. Beliau bilang, kalo bisa dalam menjalani pernikahan jangan Cuma suami aja yang bekerja. Usahakan isteri juga ada penghasilah biarpun sedikit, at least ada pegangan. Karna hari esok gak ada yang tau kan bakal kayak gimana bentukannya? Beliau mengibaratkan gini, kalo rumah Cuma ditopang oleh satu tiang dan tiba-tiba tiang itu rubuh karna satu dan lain hal maka kemungkinan terbesar adalah rumah itu seketika hancur. Kalaupun ingin di bangun lagi ngebutuhin baktu yang enggak sebentar. Dibanding dengan rumah yang ditopang oleh dua tiang dan tiba-tiba salah satu dari tiang itu rubuh karna sesuatu, setidaknya masih ada satu tiang yang bisa menopang rumah itu. Kerusakan mungkin ada, tapi gak sebesar kerusakan rumah yang ditopang oleh satu tiang. Gue gak menyerankan kalian jadi wanita karir super duper sibuk sampe lupa cara nyuci piring dirumah kok, sumpah kagak! Gue Cuma ngewanti-wanti sesuatu terburuk yang mungkin aja terjadi. Kalo pun gak terjadi? Alhamdulillaaaah sujud syukur. Lagian gak ada ruginya cari penghasilan sendiri, selagi konsepnya masih gak berubah “uangmu, uangku ; uangku, uangku”.
  •  This is the last guys, nah yang terakhir ini gue mau bilang untuk kalian yang baru mau nikah ataupun yang udah “serah terima”. Dari hasil pendengaran kuping gue kanan dan kiri, issue tentang “tajamnya pisau kalah dengan tajamnya lidah mertua” ternyata beneran ada loh! Dan katanya juga lidah mertua akan jauh lebih tajem kalo kita tinggal satu atap sama mereka. Bahkan ada juga jeritan menantu yang bilang “mendingan tinggal ngontrak yang penting pisah deh sama mertua”. Haha. No offense ya guys! Tapi ternyata emang bener loh, daripada kalian abisin uang buat heboh-hebohin acara resepsi mendingan uangnya ditabung buat ambil rumah. Selain kalian bisa hidup lebih mandiri pastinya akan lebih nyaman kan kalo ada di rumah sendiri? Sebaik-baiknya mertua kalian tetep aja ada rasa gak enak kalo tinggal satu atap sama mereka. Kayak kurang gimanaaa gitu. Soo, be an independent! Cukup kalianlah yang tau rahasia dapur kalian sendiri.
Syudaaah~ seorang Sany ini sudah cukup ngebahas tentang beberapa fenomena pernikahan yang dilihat dan didengarnya sendiri. Bagi yang merasa tersinggung, sungguh gak ada niatan sama sekali untuk menyinggung siapapun. Hanya berniat untuk saling mengingatkan dan berbagi tentang pandangan terhadap sesuatu. Mohon maaf jika ada yang kekuarangan, dan sangat ditunggu respon kalian yang sudah membaca postingan ini…
*sungkem*
crazy monkey 057crazy monkey 116crazy monkey 118
separador

0 komentar:

Posting Komentar